Rumah Makan Tabona Medan di Jalan Mangkubumi, Medan, Selasa (2372019).

TRIBUN-MEDAN.com – Medan memang terkenal dengan kulinernya, begitu juga dengan cita rasanya. Satu di antaranya RM Tabona dengan karih khas Medan yang legendaris.

Adapun menu karih khas Medan yang dibuat RM Tabona ini ialah Kari Ayam Kampung dan Kari Daging Sapi.

Dari ke dua menu tersebut, yang paling favorit di RM Tabona ialah Kari Ayam Kampung.

RM Tabona menyajikan Kari Ayam Kampung dan daging sapi ini, dengan satu mangkuk serta ditambah nasi atau bihun.

Nah, untuk tambahan nasi dan bihun ini sesuai permintaan pembeli, mau memilih kari pakai bihun atau pakai nasi.

Kemudian, di RM Tabona tak hanya menjual Karih khas Medan saja, melainkan menjual Mi Ayam Khas Medan.

Untuk harga Mi Ayam khas Medan ini dibandrol RM Tabona dengan harga Rp 24 ribuan. Sementara, dua varian menu kari khas Medan perporsi dibandrol dengan harga Rp 43 ribuan.

Meskipun, sebagian orang mengatakan harga menu makanan yang ada di RM Tabona terbilang cukup lumayan. Namun, hal itu tidak menyurutkan pelanggan atau pembeli untuk mencicipi cita rasa karih RM Tabona.

Federic, Pemilik Rumah Makan Tabona Medan yang Legendaris di Jalan Mangkubumi. (Tribun Medan/Aqmarul Akhyar)

Malah, RM Tabona setiap hari selalu ramai dengan pengunjung. Apa lagi sewaktu jam sarapan pagi, jam makan siang dan di waktu hari weekend.

Ternyata, RM Tabona ini tak hanya ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal. Akan tetapi, juga sering dikunjungi wisatwawan luar, seperti Jakarta, Malaysia, Singapura, Thailand. Bahkan, sampai kalangan Artis dan pejabat negara seperti Menteri.

Hal ini dikarenakan RM Tabona sudah cukup terkenal dan legendaris di Kota Medan. RM Tabona ini sudah ada semenjak tahun 1972 di Kota Medan. Sebelumnya di Kota Medan, RM Tabona ini berada di Kota Pemantangsiantar.

Kemudian RM Tabona ini juga berasal dari daerah Pemantangsiantar, yang diambil dari Bahasa Batak yaitu Tabona. Dalam pengertian bahasa Indonesia “Tabona” artinya “Enak Sekali”. Sekarang, RM Tabona diteruskan oleh generasi ketiga yaitu Federic, yang merupakan cucu pemilik RM Tabona.

Meskipun diteruskan oleh cucunya, tetapi cita rasa dari Kari Khas Medan RM Tabona masih sama seperti yang dahulu. Bahkan, RM Tabona saat ini berkembang pesat, sampai memiliki cabang di Kota Jakarta.

Walaupun RM Tabona buka cabang di Jakarta, tetapi tetap saja orang dari Jakarta selalu datang RM Tabona yang di Medan. Bahkan sampai membawa pulang Kari khas Medan RM Tabona ke Jakarta.

Kari khas Medan RM Tabona ini, dapat bertahan 12 jam. Oleh sebab itu, dapat dibawa untuk oleh-oleh ke Singapura, Malaysia, Jakarta dan kota-kota lainnya.

Di RM Tabona sendiri sudah menyiapkan packing dengan rapi untuk karih khas Medan yang menjadi oleh-oleh. Jadi, para pembeli atau penjungung tak perlu takut, karena packing dari RM Tambona begitu aman, tidak bocor, tidak tumpah serta bisa diletak di bagasi pesawat.

Selanjutnya, bagi para pengunjung kota Medan, yang ingin mencicipi Kari Khas Medan dari RM Tabona. Dapat datang langsung ke RM Tabona yang terletak di Jalan Mangkubumi Kota Medan.

Namun, bagi yang masih malas bergerak atau malas datang ke tempatnya. Anda bisa memesan Karih Khas Medan RM Tabona melalui pesanan online seperti Grabfood dan Gofood.

Tak hanya makanan karih dan Mi ayam ternyata menjadi andalan di RM Tabona ini. Ternyata minuman Kopi khas Siantar dan Minuman Kietna juga mendingan favorit. Minum kedua tersebut, masing-masing dibandrol dengan harga Rp 20 ribuan.

Akan tetapi, minuman aneka jus dan soft drink tetap ada dijual oleh RM Tabona. Namun, yang sering dipesan pembeli ialah minuman Kietna. Minuman tersebut sangat segar, apabila diminum setalah makan Karih dan Mi Ayam.

Nah, untuk anda yang sudah tak sabar ingin mencicipi menu dari RM Tabona. Anda bisa datang setiap hari dari pukul 06.30 WIB sampai pukul 16.30 WIB. Karena watu tersebut merupakan waktu operasional setiap harinya RM Tambonan.

(cr22/Tribun-medan.com)

Narasumber:
Federic sebagai Pemilik RM Tabona di Jalan Mangkubumi Kota Medan

Author: Aqmarul Akhyar
Editor: Feriansyah Nasution
Source: https://medan.tribunnews.com/2019/07/23/kuliner-legendaris-rasakan-nikmatnya-kari-khas-medan-rm-tabona
Published on: 23/07/2019
Article captured on: 26/12/2019